SlideShow

oke
0

Pintu Masuk Karya Film Pelajar Berkualitas Banyumas Raya



Konferensi Pers FFP 2013


Festival Film Purbalingga (FFP) kembali hadir. Festival film yang memasuki tahun ke-7 ini akan digelar selama sebulan mulai 27 April hingga 25 Mei 2013 di Banyumas Raya.

Festival yang pertama kali digelar tahun 2007 ini merupakan salah satu program tahunan Cinema Lovers Community (CLC) sebagai bentuk komitmen terhadap perkembangan film di Indonesia.

FFP ditujukan untuk membangun kultur  baru menonton bagi masyarakat Purbalingga dan Banyumas Raya pada umumnya, serta sebagai ruang laboratorium pendidikan dengan film sebagai media penyampaiannya.
Festival ini menyuguhkan sekumpulan film pendek dan panjang dalam kemasan Program Layar Tanjleb (tancap), Kompetisi Pelajar Banyumas Raya, Non-Kompetisi untuk Nasional, dan Program Khusus

Program Layar Tanjleb
Sejak dua tahun lalu, program unggulan yang terus ditawarkan berupa Layar Tanjleb keliling desa di wilayah Banyumas Raya (Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, dan Banyumas).

Tahun ini ada 18 desa di wilayah Banyumas Raya yang akan disambangi. Dua desa di Banjarnegara, tiga desa di Banyumas, dua desa di Cilacap, dan 11 desa di Purbalingga. Pembukaan festival akan dipusatkan di Gerumbul Panyatan, Desa Gunungwuled, Kecamatan Rembang, Purbalingga pada Sabtu, 27 April 2013.

Direktur Festival Film Purbalingga Bowo Leksono menuturkan Program Layar Tanjleb merupakan pemutaran film dengan media layar tancap di suatu area, pertigaan, perempatan, halaman rumah, atau lapangan bola yang mengundang publik luas untuk berpartisipasi. “Materi film yang hendak diputar adalah kompilasi film pendek kompetisi, film pendek non-kompetisi dan film panjang atau film bioskop,” katanya saat konferensi pers di Pondok Hayam Wuruk Purbalingga.

Kampanye film Nasional pada masyarakat desa, menurut Bowo, sangat efektif lewat gelaran layar tanjleb. “Kenyataan ini terus memantapkan kami di festival tahun ini kembali menggelar layar tanjleb keliling. Keterlibatan masyarakat dari kalangan pemuda dimana layar dibentangkan menjadi penting mengantarkan tontonan alternatif yang mendidik,” ungkapnya.

Program Kompetisi Pelajar
Program Kompetisi menjadi program utama untuk terus menggairahkan dan memajukan para pembuat film pendek pelajar se-Banyumas Raya dengan kategori fiksi dan dokumenter. Namun, tidak seperti tahun lalu, tahun ini karya pelajar SMP belum terjaring. Ini menjadi pekerjaan rumah bersama.

Ada 43 film pelajar se-Banyumas Raya untuk Program Kompetisi yang masuk ke meja penyelenggara. Dengan rincian 33 film fiksi dan 10 film dokumenter. Film-film tersebut saat ini sedang melewati kurasi Dewan Program sebelum digodog oleh Dewan Juri.

Dewan Juri akan memilih satu film terbaik kategori fiksi dan satu film terbaik dokumenter dan dimungkinkan muncul Special Mention (film pilihan dewan juri) baik fiksi maupun dokumenter. Selain itu ada kategori film fiksi favorit penonton dan film dokumenter favorit penonton.

Bowo mengatakan keberadaan Festival Film Purbalingga selama ini terus berusaha menjadi pintu bagi karya-karya film pelajar Purbalingga dan Banyumas Raya meraih prestasi di festival-festival film di luar Purbalingga.

Program Non-Kompetisi dan Khusus
Pada Program Non-Kompetisi, FFP mengundang beberapa karya film pendek dan panjang (bioskop) berkualitas untuk turut menyemarakkan festival. Keseluruhan ada sekitar 50 materi film yang akan menghiasi Festival Film Purbalingga 2013.

Sementara Program Khusus kembali memberikan Penghargaan Khusus “Lintang Kemukus”. Penghargaan ini diberikan kepada individu maupun kelompok yang secara nyata berkontribusi atas kesenian dan kebudayaan tradisi di Banyumas Raya dalam berbagai aktivitasnya. Penghargaan ini sebagai bentuk penghormatan atas dedikasi mereka. Selain itu program khusus menyuguhkan presentasi, diskusi, dan pentas seni, pameran yang merupakan satu rangkaian utuh Festival Film Purbalingga 2012.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia