SlideShow

oke
0

Warga Desa Menyambut Hangat



Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Gununglangit, Kalibening, Banjarnegara

Semakin malam, suasana di tengah-tengah ratusan penonton Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 di Desa Gununglangit tidak semakin dingin tapi justru menghangat.

Pada putaran kedua program Layar Tanjleb FFP ini menyambangi warga Desa Gununglangit, tepatnya layar ditancapkan di tengah jalan di Dusun Gunungsari, Kecamatan Kalibening, salah satu daerah dingin di Kabupaten Banjarnegara, Senin malam, 29 April 2013.

Koordinator lokal Andi Kurniawan mengatakan kebahagiaannya mendapat giliran pemutaran film di desanya. “Dengan adanya tontonan film ini warga desa berkesempatan kumpul di luar rumah dalam suasana yang bahagia dan penuh kehangatan,” ungkapnya.


Untuk lebih menyemarakkan tontonan Layar Tanjleb, panitia lokal yang merupakan gabungan dari pemuda-pemudi desa, menyiapkan puluhan doorprize untuk para penonton. Untuk mendapat hadiah dengan cara membeli kupon yang diundi disela-sela pemutaran film. “Hasil penjualan kupon ini akan digunakan untuk program penerangan jalan,” katanya.

Salah satu penonton, Koriyah berujar sudah berpuluh tahun tidak lagi melihat hiburan layar tancap. “Dulu, nonton film harus berjalan jauh ke lapangan kecamatan,” kenangnya.

Ada lima film yang diputar yaitu “Titip Doa” dari SMAN 1 Banjarnegara, “Lawuh Boled”  dari SMKN 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari Bandung, “Palak” dari Surabaya, dan film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam”. Diputar pula pada awal acara film pendek buatan anak-anak muda Desa Gununglangit.

Direktur FFP Bowo Leksono mengungkapkan pemutaran film bermedium Layar Tanjleb ini tak hanya memberikan hiburan bagi masyarakat yang mendidik. “Namun, sekaligus menggerakkan warga lewat pemudanya untuk menjalankan program-program pembangunan bagi kemajuan desa,” ujarnya.

FFP tahun ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013. Memasuki gelaran Layar Tanjleb putaran ketiga, FFP akan menyambangi warga Desa Jalatunda, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara pada Selasa, 30 April 2013.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia