SlideShow

oke
0

Kuncinya Komunikasi dan Ketekunan



Sedikitnya 60 pelajar setingkat SMP dan SMA mengikuti program Temu Komunitas Film Pelajar se-Banyumas Raya dalam rangka Festival Film Purbalingga (FFP) 2014, Kamis, 29 Mei 2014 pukul 10.00 WIB di Aula Hotel Kencana Purbalingga.

Pertemuan komunitas film pelajar yang direncanakan digelar tahunan itu dikawal oleh Presiden Sangkanparan Cilacap Insan Indah Pribadi dan Direktur Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga Bowo Leksono.

Yanti Indriyani siswi MTs Ma’arif Mandiraja Banjarnegara mengatakan, pada dasarnya sekolah siap menyediakan alat produksi film maupun dana. “Tapi kami belum punya pembimbing yang mumpuni dalam produksi film,” katanya.

Sementara salah satu siswi SMA Sokaraja Banyumas Ani Kurnia, menganggap pihak sekolah masih setengah-setengah dalam memfasilitasi produksi film. “Sepertinya kami harus berprestasi dulu agar diakui sekolah, padahal kami sudah bersaha bagaimana menghidupkan film di sekolah,” ujarnya.

Hal ini ditanggapi Insan Indah Pribadi bahwa, ada persoalan besar pada komunitas film pelajar yang hampir sama di setiap sekolah, antara lain persoalan alat, dana dan fasilitasi lainnya, hanya beberapa saja yang berbeda sesuai karakteristik sekolah itu. “Kuncinya sebenarnya ada pada komunikasi siswa dengan pihak sekolah dan ketekunan siswa itu sendiri dalam berproses,” jelasnya.

Setelah program temu komunitas, pada jam program berikutnya 14.00 bedah buku “Film sebagai Media Belajar” karya pegiat budaya Banyumas Teguh Trianton dengan pembahas pembuat film pelajar Misyatun dan moderator Putri Antika dari Kelas Menulis Purbalingga.

Pada program selanjutnya jam 16.00 yaitu Kompetisi Fiksi SMA yang dibanjiri pelajar setingkat SMA di Banyumas Raya. Sementara program Kompilasi XXI Short Film Festival hadir di FFP 2014 pada jam 19.30.

Selain program outdoor berupa layar tanjleb keliling 18 desa Banyumas Raya, FFP 2014 juga menggelar program indoor dari 28-31 Mei 2014. Hari berikutnya, Jumat, 30 Mei 2014 akan digelar program Satir jam 10.00, program non-kompetisi Layu Sebelum Berkembang jam 14.00, program Kompetisi Dokumenter SMA jam 16.00, Kompetisi Fiksi SMA jam 19.30, dan jam 21.00 Kompetisi Fiksi SMA.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia