SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2014 Desa Kalitinggar Kidul, Padamara, Purbalingga



Film pendek bertajuk “Boncengan” sutradara Seno Aji Julius menjadi film favorit di semua titik desa dalam gelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2014. Tak terkecuali saat diputar di Desa Kalitinggar Kidul, Kecamatan Padamara, Purbalingga, Selasa malam, 20 Mei 2014.

Film yang diproduksi Sanggar Cantrik Yogyakarta ini berkisah tentang lomba lari yang diadakan di sebuah sekolah dengan hadiah utama sepeda. Supri, Yuwa, dan Tri berniat memiliki sepeda tersebut dengan caranya masing-masing, siapa yang jujur adalah pemenangnya.

“Memutar film bagi konsumsi anak-anak itu penting di sebuah program layar tanjleb. Bahwa, di jam-jam awal pemutaran, anak-anak usia sekolah dasar pasti banyak berkumpul bahkan berada di depan layar. Terlebih sekarang ini tidak mudah mencari materi film yang baik untuk ditonton oleh anak-anak,” tutur Muhammad Irman, salah satu pegiat FFP.
Di Desa Kalitinggar Kidul, rombongan laskar layar tanjleb membentangkan layar di pelataran balai desa. Karena sumber listrik kantor desa tidak mencukupi, akhirnya, mesin jenset pun diturunkan dan dinyalakan. Bahkan di tengah-tengah pemutaran, listrik PLN sempat padam, namun pemutaran film tetap dapat berlangsung.

Kepala Desa Kalitinggar Kidul Samsudin, merasa senang desanya ketempatan tontonan layar tanjleb. “Bagaimana tidak senang, ada festival film datang sendiri memberikan tontonan bermanfaat dan gratis pada warga,” ujarnya saat member sambutan.

Selain film “Boncengan” yang diputar, ada film “Gazebo” yang juga disutradarai Seno Aji Julius dan diproduksi Sanggar Cantrik Yogyakarta yang muncul di sesi pemutaran pertama. Setelahnya, warga disuguhi film bioskop “Sang Penari” karya sutradara Ifa Isfansyah produksi Salto Films Jakarta.
Sementara di sesi pemutaran awal, ada film-film pendek yang diambil dari peserta kompetisi pelajar Banyumas Raya FFP 2014, antara lain, “Angguk” karya pelajar SMA Bukateja Purbalingga, “Tuyul” karya pelajar SMP Karangmoncol Purbalingga, dan “Penderes dan Pengidep” karya pelajar SMA Kutasari Purbalingga.

Kalitinggar Kidul merupakan titik layar tanjleb yang ke-14 dari 18 rencana titik desa se-Banyumas Raya. Selang sehari libur, rombongan layar tanjleb FFP 2014 hendak menyambangi Desa Pasunggingan, Kecamatan Pengadegan, Kabupaten Purbalingga, pada Kamis malam, 22 Mei 2014.


kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia