SlideShow

oke
0

Program Anak FFP 2014 Meriah



Usai program outdoor berupa gelaran layar tanjleb keliling 18 desa di Banyumas Raya, Festival Film Purbalingga (FFP) 2014 memasuki program indoor yaitu pemutaran di Aula Hotel Kencana Purbalingga mulai 28-31 Mei 2014.

Ratusan siswa usia sekolah dasar berjalan beriringan dari sekolahnya menuju sebuah aula yang sudah ‘disulap’ menjadi sebuah gedung bioskop. Didampingi beberapa guru, para siswa itu tampak riang karena akan mendapatkan pengalaman baru menonton film-film pendek.

Pagi itu, pukul 10.00 seperti tahun-tahun sebelumnya, FFP 2014 menyuguhkan program anak berupa pemutaran film-film pendek untuk dikonsumsi usia anak-anak secara gratis, Rabu, 28 Mei 2014.

“Senang, filmnya bagus dan lucu. Ya kepenginnya sering-sering nonton film seperti ini, bareng-bareng sama teman-teman,” ujar Ajeng Nurastuti, siswi kelas V SD 2 Wirasana Purbalingga. Selain lucu, Ajeng menilai film yang diputar juga mengandung nilai-nilai kejujuran bagi anak-anak.

Program anak yang ditawarkan yaitu film-film pendek bertajuk Halaman Belakang sutradara Yusuf Radjamuda dari Palu Sulawesi, Boncengan dan Gazebo sutradara Seno Aji Julius dari Yogyakarta serta Tangan Baik sutradara Sari Dewi.

Menurut salah satu guru pendamping, Endar Werdiningsih, menonton film juga salah satu metode anak-anak dalam belajar. “Harapannya, Festival Film Purbalingga mendatangi sekolah-sekolah agar dalam memperkenalkan film-film pendek bisa lebih luas lagi. Kami yakin akan disambut baik, apalagi tidak memungut biaya sehingga tidak memberatkan siswa,” tutur guru SD 1 Wirasana ini.

Manajer FFP Nanki Nirmanto mengatakan, membuat program anak dirasa penting karena anak-anak adalah penonton yang paling antusias. “Hal yang berat justru materi filmnya. Tidak banyak pembuat film yang konsen dalam memproduksi film untuk konsumsi anak-anak padahal mereka itulah penonton masa depan,” ujarnya.

Selain program anak, hari itu juga disuguhkan program kompetisi SMP Banyumas Raya jam 14.00, program satir jam 16.00, serta program kompetisi dokumenter SMA Banyumas Raya pada jam 19.30.

Sementara hari berikutnya, Kamis, 29 Mei 2014, akan digelar program temu komunitas pelajar Banyumas Raya jam 10.00, program bedah buku “Film sebagai Media Belajar” jam 14.00, kompetisi fiksi SMA Banyumas Raya jam 16.00, dan program Kompilasi XXI Short Film Festival jam 19.30. Semua program terbuka untuk umum dan gratis.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia