SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2012 Desa Kedungrandu, Patikraja, Banyumas


Sekelompok anak-anak serius menonton gelaran Layar Tanjleb.
Rasa riang pemuda RW 7 Desa Kedungrandu, Kecamatan Patikraja, Banyumas usai membentangkan layar di pelataran mushola Al-Muhajirin, Jumat, 4 Mei 2012 mendadak hilang ketika langit yang bermula terang-benderang berubah mendung. Sebelum memasuki waktu maghrib, hujan pun turun.

Para pemuda sembari berteduh di teras mushola komplek perumahan, dari raut muka mereka terlihat pesimis. Hujan menjadi tantangan tersendiri dalam gelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2012.

“Memang cuaca sekarang tidak menentu. Sore hari yang diperkirakan cerah, tiba-tiba mendung dan jatuh hujan. Setidaknya, kemi sudah berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat,” ujar Cundrik Ganda, koordinator panitia lokal.

Syukurlah, tidak sampai melebihi waktu pemutaran, gerimis mereda dan kecemasan pemuda pun sirna. Dibantu pengeras suara dari mushola, warga dimohon mendatangi lokasi pemutaran film, memastikan Layar Tanjleb benar-benar digelar. Warga pun berdatangan.
Anak-anak bergerumbul saat pembagian doorprize.

Tiga film pelajar Kabupaten Banyumas mengawali sesi pertama pemutaran, yaitu film “Tetep Melung-Melung” dan “Cinta Remaja” dari SMK Negeri 3 Banyumas serta film “Complicated Day” produksi SMA Negeri 2 Purwokerto.

Candra Krisnawati, salah satu pembuat film “Tetep Melung-Melung” merasa senang film buatannya ketika dikirim ke FFP berkesempatan diputar dan diapresiasi masyarakat diprogram Layar Tanjleb. “Ini salah satu tujuan kami memproduksi film pendek,” ujar pelajar yang sedang menunggu pengumuman hasil kelulusan ini.

Tujuan memutar film-film pelajar yang diambil dari materi program Kompetisi Pelajar Banyumas Raya yaitu untuk mendekatkan masyarakat dengan karya-karya film hasil kerja keras anak muda yang masih duduk di bangku sekolah.

Seorang penonton, Dwi Kusni Hariani, tidak menyangka bahwa perfilman Banyumas Raya semakin pesat perkembangannya. “Harapannya, film-film karya anak muda Banyumas tidak keluar dari tradisi yang kita punya dan menekankan pada nilai-nilai moral,” ungkap pegawai pada Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan, dan Pariwisata Kabupaten Banyumas ini.

Pemutaran Layar Tanjleb keliling empat kabupaten di Banyumas Raya ini akan berlanjut hari berikutnya, Sabtu malam, 5 Mei 2012 di pelataran SMP Negeri 3 Gumelar.
Spanduk selamat datang terbentang.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia