SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2012 Desa Kroya, Kecamatan Kroya, Cilacap


Anak-anak senang dan betah menyaksikan film “Nagabonar” yang diputar disesi terakhir.
 Hujan yang mereda pada sore hari memberi kesempatan gelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) di Desa Kroya, Kecamatan Kroya, Cilacap dimulai lebih awal. Anak-anak dan orang tua di sepanjang jalan Kendeng mulai ke luar rumah menuju halaman rumah seorang sastrawan Cilacap Badrudin Emce dimana layar tertancap, Senin malam, 7 Mei 2012.

Gelaran Layar Tanjleb di Kabupaten Cilacap selain dibantu panitia lokal dari pemuda desa setempat juga para pegiat Komunitas Multimedia Sangkanparan Cilacap. Mereka tidak sekedar membantu tenaga, tapi juga peralatan putar film.

Rukmini (45 tahun), ibu rumah tangga yang menonton bersama kedua anaknya, sempat tidak menyangka bila materi film yang diputar beberapa diantaranya dibuat oleh pelajar Cilacap sendiri. “Tadi saya keluar rumah sendiri, lalu sempat pulang lagi melihat film yang diputar berbahasa Banyumasan. Saya ajak anak-anak saya untuk menonton,” tuturnya.
Warga berderet di depan rumah menikmati suguhan film.
 Tiga judul film pendek pelajar Cilacap turut meramaikan gelaran kali ini yaitu, “Pengin Sarung Anyar” dan “Rebutan WC” buatan pelajar SMK Dr. Soetomo serta “Ngimpi Awan-Awan” hasil karya SMA Negeri 1 Jeruklegi.

Cukup banyak produk film pendek karya pelajar Cilacap. Dari tahun ke tahun, mereka bersemangat memproduksi, beberapa diantaranya berhasil berprestasi. Juga tidak pernah absen mengirimkan ke program Kompetisi Pelajar Banyumas Raya FFP.

Berkesempatan hadir pada pemutaran film malam itu, Kepala Seksi Nilai Budaya, Seni, dan Perfilman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Cilacap Djarmo, S.Pd. Pada kesempatan sambutannya, dia menyayangkan adanya hubungan tidak harmonis antara pemerintah daerah Purbalingga dengan komunitas filmnya.

“Di Cilacap, kami atas nama pemerintah daerah sangat mendukung potensi anak-anak muda dalam bergiat di perfilman karena ini juga menjadi salah satu potensi penggerak pariwisata,” tutur Djarmo yang malam itu datang bersama rombongan dari dinas.

Program Layar Tanjleb FFP 2012 di Desa Kroya adalah titik ke-7 dan membuka gelaran di Kabupaten Cilacap. Hari berikutnya, rombongan festival akan bergerak ke Desa Mertasinga, Kecamatan Cilacap Utara, Kabupaten Cilacap.
Bioskop terbuka milik warga.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia