SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2012 Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga


Layar tertancap di lapangan sepakbola desa.
 Gelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) putaran ke-14 ditempatkan di Desa Tunjungmuli, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga. Desa dimana terdapat SMP Negeri 4 Satu Atap Karangmoncol yang siswa-siswanya rajin memproduksi film pendek dan berprestasi setiap tahun.

Layar ditancapkan di lapangan sepakbola desa. Di seputaran lapangan itu lah SMPN 4 Satu Atap berdiri. Para siswa yang menjadi panitia lokal Layar Tanjleb. Selain siswa, warga Desa Tunjungmuli dan desa tetangga datang berbondong-bondong menyemut di lapangan dan pinggirannya.

Guru pembimbing ekskul film SMPN 4 Satu Atap Aris Prasetyo, S.Sn. mengatakan, meskipun sekolah di lembah pegunungan ini rajin membuat film namun masyarakat sekitar belum berkesempatan menontonnya. “Lewat program Layar Tanjleb FFP inilah memberi kesempatan masyarakat sekitar sekolah menonton karya-karya film yang dibuat anak-anak mereka,” ujar lelaki yang belajar film sejak 2004 ini.
Para penonton dengan latar SMPN 4 Satu Atap Karangmoncol.
 Tiga film produksi terbaru karya Sawah Artha Film SMPN 4 Satu Atap adalah “Hanacaraka”, “Oleh-Oleh Jakarta”, dan “Langka Receh”. Film yang disebutkan terakhir yang disutradarai Miftakhatun dan Eka Susilawati belum lama menyabet prestasi terbaik kedua Kids International Film Festival (Kidsfest) 2012 dan film terbaik kategori Gayaman Award Festival Film Solo (FFS) 2012.

Dengan pemutaran medium Layar Tanjleb, film-film pendek lokal tersebut yang bersanding dengan film-film dari luar Purbalingga yang juga diputar, merupakan satu usaha mendekatkan film-film lokal pada penontonnya.

Kepala Desa Tunjungmuli Suyud, S.Pd.I. dalam sambutannya merasa bahagia sekaligus bangga karena anak-anak desa sudah mampu membuat film dan berprestasi. “Kami berharap, SMPN 4 Satu Atap Karangmoncol akan terus melahirkan karya-karya film yang bisa mengangkat potensi Desa Tunjungmuli,” tuturnya.

Selanjutnya program Layar Tanjleb FFP 2012 yang sedianya di malam berikutnya diputar di Desa Binangun, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, karena sesuatu hal ditiadakan dan akan kembali digelar sesuai jadwal pada Jumat malam, 18 Mei 2012 di Grumbul Bukung, Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga.
Orang desa mengapresiasi film-film pendek berbagai daerah.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia