SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2012 di Desa Kaliurip, Kecamatan Madukara, Banjarnegara


Lepas watu Isya, warga Desa Kaliurip berbondong-bondong ke lokasi Layar Tanjleb.
Usai hujan sore mereda, ada pelangi nan indah memancar dari balik bukit. Langit cerah, secerah harapan warga Desa Kaliurip menanti tontonan dan hiburan yang sudah puluhan tahun tak mereka nikmati.

Ya, malam itu, Selasa, 1 Mei 2012, warga Desa Kaliurip, Kecamatan Madukara, Banjarnegara mendapat suguhan pergelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2012. Persiapan yang terbilang mendadak ini mampu diatasi dengan baik oleh pemuda desa.

Lepas waktu Isya, warga desa dengan penghasil utama buah salak ini berbondong-bondong mendatangi pelataran SD Negeri 1 Kaliurip dimana layar putih terbentang. Sebuah pementasan drama anak Desa Kaliurip mengawali, sebelum film-film pendek dan bioskop diputar.

“Baru pertama kali saya menyaksikan film layar tanjleb yang selama ini hanya saya dengar dari cerita bapak saya. Film-filmnya bagus dan lucu, tidak seperti yang di tivi. Sering-sering saja diadakan di desa kami ini,” ujar Rifki Hidayat, siswa kelas IV SD Negeri 1 Kaliurip yang malam itu datang bersama teman-temannya.
Selamat datang para penonton film Banyumas Raya.
Dua buah film pendek lokal dari pelajar Banjarnegara menjadi suguhan di sesi pertama, yaitu “Karepe Nyong” dari SMK Tamansiswa dan “Ada Batik di Sekolah Kami” buatan pelajar SMP Negeri 2 Susukan.

Setiap pegantian sesi pemutaran, diselingi pembagian doorprize. Ada belasan hadiah yang disediakan panitia lokal yaitu para pemuda Desa Kaliurip dan dari penyelenggara FFP 2012. Bermacam bingkisan ini yang juga menjadi pemancing warga untuk bertahan lebih lama di area pemutaran film.

Koordinator panitia lokal Agus Sutrimo mengatakan adanya pergelaran layar tanjleb FFP 2012 di Desa Kaliurip karena sudah sejak sebelum penyelenggara festival menawarkan, pihaknya sudah meminta jauh-jauh hari. “Melihat pengalaman festival film purbalingga tahun sebelumnya, kami ingin sekali-kali di desa kami ada tontonan yang berbeda,” ungkap juragan buah salak ini bersemangat.

Desa ini menjadi titik kedua dan terakhir di Kabupaten Banjarnegara setelah sebelumnya ada di pelataran SMK Darunnajah Banjarmangu. Rombongan layar tanjleb FFP 2012 usai istirahat sehari, akan melanjutkan pemutaran di wilayah Kabupaten Banyumas, diawali di Desa Kramat, Kecamatan Kembaran pada Kamis malam, 3 Mei 2012.

Sebuah film lokal bertajuk “Karepe Nyong” karya pelajar SMK Tamansiswa Banjarnegara sedang diputar.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia