SlideShow

oke
0

Festival Film Purbalingga Merangkai Festival Jajan Pasar



Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Sumampir, Rembang, Purbalingga

Cenil, klepon, awig-awig, lapis, gethuk lindri, utri, congkog dan belasan nama makanan kecil khas Banyumasan menghiasi Festival Jajan Pasar Desa Sumampir. Makanan yang dibuat dari bahan dasar ketela pohon dan beras ketan itu dijajar di deretan meja dan dijual untuk masyarakat.

Festival makanan rakyat yang digagas Pos Pembedayaan Keluarga (Posdaya) Sumampir Sejahtera Desa Sumampir yang digelar sejak siang hari dirangkai dengan program Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 di sepanjang jalan di pertigaan Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Purbalingga pada Minggu, 12 Mei 2013.

Ketua Posdaya Sumampir Sejahtera Budi Nedyo mengatakan Festival Jajan Pasar ini baru pertama kali digelar dari dan untuk warga tanpa bantuan Pemerintah. “Antusias warga sangat luar biasa, baik pembuat atau penjual makanan maupun pembelinya. Terlebih, pada malam hari kami rangkai dengan Festival Film Purbalingga,” tuturnya.


Pada kesempatan itu, diputar delapan film, yaitu “Secarik Kisah Panyatan” dan “Meniti Hutan Panyatan” dari SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Lawuh Boled” dari SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari Sinematografi Unair Surabaya, dua film dokumenter lokal Desa Sumampir, serta film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam” karya Usmar Ismail.

Ya seneng. Bakul-bakul pada payu, wargane dihibur film. Dadi kelalen sedela maring utang. (Ya senang. Para pedagang pada laku, warga dihibur film. Jadi lupa untuk sementara pada hutang),” ujar Rasmini (52), salah satu penonton.

Sementara Direktur FFP Bowo Leksono menjelaskan salah satu fungsi Festival Film Purbalingga itu memantik pemuda atau elemen masyarakat agar mampu bergerak membuat kegiatan. “FFP itu bukan hanya milik pelaku film, tapi milik masyarakat. Saat festival film, semua masyarakat ikut berpesta, ikut senang,” ungkapnya.

Layar Tanjleb FFP 2013 di Desa Sumampir merupakan putaran keduabelas dari 18 titik pemutaran. Festival Film Purbalingga yang memasuki tahun ketujuh ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013. Pemutaran Layar Tanjleb ketigabelas akan digelar Senin, 13 Mei 2013 di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia