SlideShow

oke
0

Pemutaran Film Diselingi Pentas Seni



Layar Tanjleb FFP 2013 Grumbul Bojong, Desa Bumisari, Bojongsari, Purbalingga

Detak jarum jam terus berjalan. Hawa dingin mulai terasa di kulit. Warga tua, muda, dan anak-anak berbondong-bondong mendekat pada layar yang tertancap dan melintang jalan beraspal yang sudah lama rusak.

Di malam yang dingin itu, Laskar Layar Tanjleb, sebutan untuk pengelola Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 menyambangi warga Desa Bumisari dan sekitarnya.

Layar putih ditancapkan melintang jalan di Grumbul Bojong, Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, pada Sabtu, 18 Mei 2013. Malam Minggu yang biasanya sama dengan malam-malam lainnya, terasa berbeda dan hangat.

“Desa ini yang setiap malamnya sepi jadi ramai. Semua orang keluar rumah karena penasaran film seperti apa yang akan diputar,” Ujar Tukiman (27) warga setempat.

Ratusan warga yang berkumpul tak hanya dihibur dengan film-film pendek dan panjang yang diputar pengelola FFP. Kesenian tradisi berupa tarian dan musik calung dari grup calung “Bambu Laras” Desa Bumisari pun turut dipersembahkan.

Dalam sambutannya Ketua RT 28 RW XIV mewakili kepala Desa Bumisari, Mundoyo merasa bersyukur ada pihak yang memberikan hiburan gratis untuk warga melalui pemuda desa. “Semoga kerjasama seperti ini dapat terus berlanjut,” ungkapnya.

Ada enam film panjang dan pendek yang diputar, yaitu “Gedang Goreng Soklat” dari pelajar SMK YPLP Perwira Purbalingga, “Gang Selingkuh” dari pelajar SMA Negeri 1 Kutasari Purbalingga, “Lawuh Boled” dari pelajar SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari Sinematografi Unair Surabaya, serta satu film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam” karya Usmar Ismail.

Sementara Direktur FFP Bowo Leksono menuturkan menjadi kepuasan tersendiri bisa memberikan hiburan alternatif lewat pemutaran film. “Ini sudah komitmen kami. Ada yang memproduksi film ada pula yang mempertontonkannya pada masyarakat luas,” ujarnya.

Program Layar Tanjleb FFP 2013 di Desa Bumisari ini sudah memasuki putaran ke-17 dari 18 titik pemutaran. FFP yang memasuki tahun ketujuh ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013. Malam berikutnya, yaitu malam terakhir gelaran Layar Tanjleb akan menancapkan layar di Desa Jompo Wetan, Kecamatan Kalimanah, Purbalingga pada Minggu, 19 Mei 2013 sebelum pemutaran di Gedong Keroncong Purbalingga pada 22-24 Mei 2012.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia