SlideShow

oke
0

Menertawakan Film, Menertawakan Diri Sendiri



Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Kalijaran, Karanganyar, Purbalingga

Respon warga terutama dari kaum ibu berupa celetukan-celetukan, ramai mengiringi hampir setiap adegan film-film pendek lokal yang diputar. Suasana ini mirip ketika para ibu itu merespon adegan-adegan dalam sinetron di stasiun televisi swasta kita.

Bahwa dalam setiap tawa para penonton itu, sejatinya mereka sedang menertawakan diri sendiri. Menertawakan kejadian seperti apa yang digambarkan dalam adegan film.

Demikian suasana pemutaran film program Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 yang memasuki putaran keempat di Desa Kalijaran, Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Purbalingga, Rabu malam, 1 Mei 2013.
Layar berukuran sekitar 4 x 3 dibentangkan menutup jalan di depan rumah kepala desa.


Pada kesempatan sambutan sebelum pemutaran film, Kepala Desa Kalijaran Supriyanto, sekaligus berkesempatan menyosialisasi program Sensus Pertanian 2013 kepada warganya. “Bila ada petugas sensus, silahkan bapak dan ibu memberikan keterangan sejujurnya dan apa adanya. Itu untuk kepentingan dan kemajuan kita bersama,” jelasnya.

Banyak masyarakat dari golongan tua yang mengira program Layar Tanjleb ini diselenggarakan oleh Pemerintah. “Terakhir ada tontonan film di desa ini ya sekitar tahun 1970-an. Itu dari Dinas Penerangan,” ujar Sarmidi (70).

Malam itu, diputar lima film yaitu “Hanacaraka” dari SMPN 4 Satu Atap Karangmoncol Purbalingga, “Lawuh Boled”  dari SMKN 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari Bandung, “Palak” dari Surabaya, dan film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam”.

Direktur FFP Bowo Leksono mengungkapkan, program Layar Tanjleb ini sangat efektif untuk menyosialisasikan program Pemerintah disaat warga berkumpul. “Paling penting, bagaimana pesan-pesan baik dalam film tersampaikan dan melekat di benak warga,” ujarnya.

Tahun ini, FFP diselenggarakan dari 27 April-25 Mei 2013. Ada sekitar 18 desa yang didatangi untuk program Layar Tanjleb. Untuk gelaran Layar Tanjleb putaran kelima, pengelola FFP usai libur sehari akan mengunjungi warga Desa Pakuncen, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap pada Jumat, 3 Mei 2013.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia