SlideShow

oke
0

Memetik Pelajaran dari Film yang Diputar



Layar Tanjleb FFP 2013 Grumbul Limus, Desa Karangbawang, Rembang, Purbalingga

Para Laskar Layar Tanjleb, sebutan untuk pengelola Festival Film Purbalingga (FPP), harus melewati jalan terjal, naik-turun untuk sampai ke Grumbul Limus, Desa Karangbawang. Sekitar 25 kilometer dari pusat Kecamatan Rembang.

Sesampai di Lokasi, mereka langsung menurunkan barang-barang kebutuhan dan membentangkan layar. Layar terkembang menutup jalan tunggal di Grumbul Limus, Desa Karangbawang, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Sabtu, 11 Mei 2013.

Waryo (60), salah satu warga, mengaku jarang ada hiburan di luar rumah di Grumbul Limus. “Tidak biasanya malam ini jadi ramai. Semua orang keluar rumah, berkumpul di sepanjang jalan,” ujarnya.

Pada Sabtu malam itu, diputar enam film, yaitu “Meniti Hutan Panyatan” karya pelajar SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Hanacaraka” karya pelajar SMP Negeris s4 Satu Atap Karangmoncol Purbalingga, “Lawuh Boled” karya pelajar SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari Sinematografi Unair Surabaya, serta film lawas Indonesia “Lewat Djam Malam” karya Usmar Ismail.


Salah satu perangkat Desa Karangbawang Tuslam menyambut baik kedatangan pengelola FFP 2013 di wilayahnya. “Ini merupakan penghargaan dan kebahagiaan bagi kami warga Desa Karangbawang. Semoga warga memetik pelajaran dari film-film yang diputar,” tutur Kaur Pembangunan Desa Karangbawang itu.

Sementara Direktur FFP Bowo Leksono merasakan kebahagiaannya bisa sampai ke salah satu dusun pelosok di wilayah Purbalingga. “Menawarkan hiburan yang mendidik bagi masyarakat di wilayah pelosok yang sulit secara akses menjadi kepuasan tersendiri bagi kami,” ungkapnya.

Gelaran Layar Tanjleb FFP di Dususn Limus merupakan putaran kesebelas dari 18 titik pemutaran. Festival Film Purbalingga yang memasuki tahun ketujuh ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013. Pemutaran keduabelas, Minggu, 12 Mei 2013, layar akan dibentangkan di Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Purbalingga.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia