SlideShow

oke
0

Putar dan Diskusi Film Korupsi di Purbalingga





H+3 Pemutaran Hall FFP 2013

“Ora, ora percaya. Wani kethokan gulu!” (Tidak, tidak percaya. Berani potong leher!). Itulah jawaban spontan pelajar, yang menjadi salah satu subyek di film dokumenter “Purbalingga (Bukan) Sarang Koruptor” ketika ditanya, percayakah Purbalingga bersih dari korupsi?.

Jawaban tersebut sekaligus sebagai bentuk representasi dari jawaban kebanyakan masyarakat Purbalingga. Film berdurasi 45 menit produksi Cinema Lovers Community itu diputar di program Kado buat Kota Tercinta di hari ketiga pemutaran hall Festival Film Purbalingga (FFP) 2013, Jumat, 24 Mei 2013, jam 16.00 sekaligus sebagai pemantik diskusi.

Direktur LSM Mandat Yudhia Patriana, S.Sos, yang menjadi salah satu narasumber diskusi menjelaskan, lembaganya bersama lembaga lain di Purbalingga yang antikorupsi terus berusaha sampai pada tahap memberikan data-data dugaan praktik korupsi kepada kedua lembaga hukum, yaitu Kejaksaan dan Kepolisian. “Hampir semua kasus yang kami laporkan mandek, sebagian kecil hanya berjalan di tempat,” ujarnya.

Yudhia menambahkan tidaklah mudah menjadi pribadi atau kelompok yang aktif menyuarakan antikorupsi di Purbalingga. “Kita harus siap banyak energi sekaligus mental karena yang kita hadapai adalah lingkaran setan yang sudah sangat akut,” jelasnya.


Sementara Direktur FFP Bowo Leksono menyayangkan ketidakhadiran Kepala Kejaksaan Negeri Purbalingga Martini, SH dan Kepala Kepolisian Resort Purbalingga AKB Ferdy Sambo sebagai narasumber diskusi.

“Merespon undangan kami saja tidak, apalagi datang. Semestinya ini kan menjadi kesempatan bagi dua lembaga penegak hukum itu untuk menjelaskan bagaimana program penanganan dugaan kasus-kasus korupsi di Purbalingga selama ini,” jelas Bowo.

Di hari kedua itu, selain program Kado buat Kota Tercinta juga diputar program khusus pada jam 14.00 dan program non-kompetisi pada jam 19.30 yang sekaligus menutup program pemutaran hall FFP 2013.

Terkait Pilkada Jawa Tengah, malam penganugerahan FFP yang sedianya di digelar pada Sabtu, 25 Mei 2013 diundur pada Sabtu, 1 Juni 2013 mendatang di tempat yang sama yaitu pelataran GOR Mahesa Jenar kompleks Kya-Kya Mayong Purbalingga.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia