SlideShow

oke
0

Film Bisa Menjadi Media Penyampai Pariwisata



Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Panusupan, Rembang, Purbalingga

Sudah sejak sore hari, Purbalingga dan sekitarnya secara keseluruhan mati listrik. Keadaan pun gelap gulita. Namun tak menyurutkan niat warga Desa Panusupan berbondong-bondong mendatangi pelataran balai desa, karena disanalah ada titik terang.

Titik terang itu berupa sinar proyektor yang disorotkan pada bentangan kain putih. Sebuah gelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 diadakan di Desa Panusupan, Kecamatan Rembang, Purbalingga, Senin, 13 Mei 2013.

Kepala Desa Panusupan Imam Yulianto merasa bahagia kedatangan pengelola FFP yang menggelar Layar Tanjleb. “Kita tidak hanya diberi tontonan, tapi juga tuntunan lewat pemutaran film. Semoga tahun depan, kru pemutar film bisa mampir ke desa kita lagi,” ujar kepala desa yang masih muda ini.


Malam itu diputar tujuh film, yaitu “Meniti Hutan Panyatan” karya pelajar SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Hanacaraka” karya pelajar SMP Negeri 4 Satu Atap Karangmoncol Purbalingga, “Lawuh Boled” karya pelajar SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” karya F2PB Bandung, “Palak” karya Sinematografi Unair Surabaya, “Pesona Desa di Ranah Lawet” sebuah profil desa karya warga Desa Panusupan, dan satu film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam” karya Usmar Ismail.

Menurut salah satu penonton Sumarni (60), selama ini hiburan warga desa ya televisi. “Tapi sering bosan, acaranya itu-itu saja. Kebetulan lagi mati lampu, jadi orang serumah ke balai desa semua,” ujarnya.

Manajer FFP Nanki Nirmanto mengatakan Desa Panusupan merupakan salah satu desa di Purbalingga yang berpotensi wisata. “Film bisa menjadi media penyampai. Namun terpenting, kesadaran dan kemauan masyarakatnya dengan tidak menunggu bantuan dari Pemerintah,” jelasnya.

Layar Tanjleb FFP 2013 di Desa Panusupan merupakan putaran ke-13 dari 18 titik pemutaran. Festival Film Purbalingga yang memasuki tahun ketujuh ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013. Pemutaran selanjutnya akan digelar Selasa, 14 Mei 2013 di Desa Campakoah, Kecamatan Mrebet, Purbalingga.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia