SlideShow

oke
0

Para Pedagang Laris Manis


 


Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Pakuncen, Kroya, Cilacap

Sore itu tidak seperti biasanya, terlihat beberapa pemuda bergotong-royong membentangkan kain warna putih berukuran 3 x 5 meter yang digunakan sebagai layar di pelataran rumah milik warga. Beberapa pedagang sudah sibuk menata dagangan di meja yang mereka bawa sendiri dari rumah.

Begitulah suasana menjelang Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 di Desa Pakuncen, Kecamatan Kroya, Kabupaten Cilacap, Jumat malam, 3 Mei 2013.

Salah satu pedagang, Mulyodiharjo (45) mengaku laris berjualan di acara tontonan film. “Lumayan juga kalau sering-sering ada pemutaran film seperti ini,” ujar penjual jajanan anak-anak.

Di setiap penyelenggaraan Layar Tanjleb FFP, anak-anak selalu mendominasi penonton di jam-jam awal pemutaran. Suasana ini memantik para pedagang menjajakan dagangannya.


Menurut tokoh pemuda Desa Pakuncen, Probo Deni Setyono, gelaran Layar Tanjleb ini dirasa sangat menarik. “Kami merasa bersyukur diadakan layar tanjleb di desa kami. Sudah sangat lama tidak ada hiburan seperti ini, mungkin sudah puluhan tahun,” katanya.

Ada lima film yang diputar pada Layar Tanjleb kali ini, yaitu “Kwitansi Bodong” dari SMK Widya Manggala Purbalingga, “Lawuh Boled” dari SMK N 1 Rembang, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari UNAIR Surabaya, dan sebuah film klasik karya Usmar Ismail “Lewat Djam Malam”.

Dalam sambutannya Manager FFP 2013 Nanki Nirmanto mengatakan sebuah kebahagiaan bisa diterima dan memutar film di Desa Pakuncen. “Harapannya, dapat memberikan masyarakat sebuah hiburan alternatif yang mendidik, jelasnya.

FFP tahun ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013. Pakuncen merupakan desa pertama di Kabupaten Cilacap yang disambangi. Memasuki gelaran Layar Tanjleb putaran keenam, FFP akan menyambangi warga Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan, Cilacap pada Sabtu, 4 Mei 2013.


kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia