SlideShow

oke
0

Ajang Memperkenalkan Film Pendek pada Warga



Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Pengalusan, Mrebet, Purbalingga

Layar putih sudah dikembangkan sejak sore hari di pojok perempatan pasar Desa Pengalusan. Keberadaannya mengundang tanya khalayak yang melintas, ada apa gerangan?

Ya pada kesempatan itu, Laskar Layar Tanjleb, sebutan untuk pengelola Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 menyambangi warga Desa Pengalusan, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jumat, 17 Mei 2013.

Para pedagang kecil yang sudah jauh-jauh hari mendengar rencana pemutaran film Layar Tanjleb sudah bersiap-siap memanjangkan waktu berjualan mengais rezeki tambahan di seputar perempatan.

Menurut salah satu pedagang Imam Rusyanto (46) dirinya biasa berjualan keliling desa. Bila ada tontonan, Imam akan mangkal. “Hasilnya lumayan, meski hujan. Setidaknya saya jadi bisa mangkal,” ujar penjual siomay keliling ini.

Sebelum film diputar, cuaca tidak mendukung. Hujan siang hari kembali turun di malam harinya. Baru setelah hujan sedikit mereda, presenter lokal pun memulai membuka acara.

Kepala Desa Pengalusan Sudiyanto dalam sambutannya merasa senang karena warganya diperkenalkan dengan film-film pendek khususnya yang dibuat oleh anak-anak muda Purbalingga. “Kami sering membaca dari surat kabar tentang prestasi film buatan pemuda Purbalingga. Dan malam ini kita semua akan menyaksikannya,” ungkapnya.


Malam itu, warga dihibur enam film, yaitu “Kwitansi Bodong” karya pelajar SMK Widya Manggala Purbalingga, “Gedang Goreng Soklat” karya pelajar SMK YPLP Perwira Purbalingga, “Lawuh Boled” karya pelajar SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari Sinematografi Unair Surabaya, serta satu film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam” karya Usmar Ismail.

Sementara Manajer FFP Nanki Nirmanto mengatakan selama 16 putaran baru di Desa Pengalusan hujan bertahan sampai waktu pemutaran. “Namun tidak menyurutkan warga untuk tetap mengapresiasi,” katanya.

Program Layar Tanjleb FFP 2013 di Desa Pengalusan ini sudah memasuki putaran ke-16 dari 18 titik pemutaran. FFP yang memasuki tahun ketujuh ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013. Malam berikutnya, gelaran Layar Tanjleb akan menyambangi warga Grumbul Bojong, Desa Bumisari, Kecamatan Bojongsari, Purbalingga, Sabtu, 18 Mei 2013.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia