SlideShow

oke
0

Momen Warga Berkumpul dan Bersilaturahim



Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Campakoah, Mrebet, Purbalingga

Respon paling menarik dari penonton Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 di Desa Campakoah adalah saat adegan seorang ibu yang membuat bulu mata palsu di rumahnya dari film pendek bertajuk “Biyung” yang diputar.

Memang, demikian realita yang ada di sebagian besar desa-desa di Purbalingga. Tak terkecuali di Desa Campakoah. Ibu-ibu, remaja putri, bahkan tak sedikit anak-anak perempuan yang terlibat sebagai buruh harian pembuat bulu mata palsu. Puluhan diantaranya bekerja di pabrik di Kota Purbalingga.

Malam itu, pengelola FFP 2013 berhasil menyambangi dan menghibur warga Desa Campakoah, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, pada Selasa, 14 Mei 2013. Layar dibentangkan melintang jalan. Ratusan penonton pun berkumpul akrab di bagian depan dan belakang layar.

Koordinator Lokal Edi Sutrisno mengaku tertarik mendatangkan hiburan Layar Tanjleb FFP dari koran yang sempat dibacanya setahun silam. “Harus menunggu satu tahun. Kami dan segenap warga merasa senang dan puas,” ujarnya.


Warga berkesempatan menyaksikan enam film yang diputar, yaitu “Biyung” dari pelajar SMA Negeri 1 Bobotsari Purbalingga, “Gang Selingkuh” dari pelajar SMA Negeri 1 Kutasari Purbalingga, “Lawuh Boled” dari pelajar SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari Sinematografi Unair Surabaya, dan satu film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam” karya Usmar Ismail.

Dalam sambutannya Kepala Desa Campakoah Azis Pujianto merasa Layar Tanjleb ini sebagai momen warga berkumpul dan bersilaturahim. “Dalam kesempatan ini sekaligus kami memberitahukan bahwa target penerimaan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) Desa Campakoah adalah bulan Juli 2013. Maka dari itu, mari kita semua menyelesaikan kewajiban kita pada negara,” ungkapnya.

Sementara Manajer FFP Nanki Nirmanto berharap warga bisa terhibur dan mengambil hikmah dari film-film yang diputar, “Sementara untuk para pedagang kecil mampu meraup keuntungan diluar penjualan hari-hari biasa,” tuturnya.

Layar Tanjleb FFP 2013 di Desa Campakoah sudah memasuki putaran ke-14 dari 18 titik pemutaran. FFP yang memasuki tahun ketujuh ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013. Hari berikutnya, gelaran Layar Tanjleb akan libur sehari untuk kemudian kembali menjumpai warga pada Kamis, 16 Mei 2013 di Grumbul Mindik, Desa Gandasuli, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia