SlideShow

oke
0

Memancing Anak Muda Memproduksi Film



Layar Tanjleb FFP 2013 Grumbul Mindik, Desa Gandasuli, Bobotsari, Purbalingga

Salah satu potensi Desa Gandasuli adalah bidang pertanian. Hal ini tergambar jelas dari video profil Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tirta Kusuma Desa Gandasuli yang diproduksi pemuda-pemudi desa itu.

Video berdurasi sekitar 13 menit ini turut diputar dan diapresiasi warga di gelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 di Grumbul Mindik, Desa Gandasuli, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga, Kamis, 16 Mei 2013. FFP juga menjadi media promo kesuksesan dan kendala yang dialami para petani.

Ketua Forum Komunikasi Pemuda-Pemudi Desa Gandasuli (Forkappi) Hudiman mengatakan, bagi masyarakat Gandasuli film sudah bukan barang asing. “Sejak Purbalingga ada film, desa kita sudah dijadikan lokasi pembuatan film sekaligus pemutarannya. Dan sekarang anak-anak muda desa kita juga sudah mampu membuat film,” ujarnya.


Pada kesempatan itu, warga berkesempatan menyaksikan tujuh film, yaitu “Biyung” karya pelajar SMA Negeri 1 Bobotsari Purbalingga, “Warung Anyar” karya Forkappi, “Lawuh Boled” karya pelajar SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari Sinematografi Unair Surabaya, “Gapoktan Desa Gandasuli” karya Forkappi, dan satu film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam” karya Usmar Ismail.

Dalam sambutannya Ketua Badan Perwakilan Desa (BPD) Gandasuli H. Machury Arwy merasa bangga ketempatan program pemutaran film Festival Film Purbalingga. “Tidak hanya itu, kita juga harus merasa bangga dan senang karena anak-anak muda kita sendiri yang kreatif, membuat film yang mendidik dan mempertontonkannya pada masyarakat,” tutur tokoh masyarakat ini.

Sementara Direktur FFP Bowo Leksono menyayangkan kepala Desa Gandasuli yang baru tidak berkesempatan hadir. “Siang harinya, dia sudah menyanggupi. Padahal ini kesempatan pemimpin bersemuka warganya dan menjelaskan program-program pembangunan,” ungkapnya.

Pada Layar Tanjleb FFP 2013 di Desa Gandasuli ini sudah memasuki putaran ke-15 dari 18 titik pemutaran. FFP yang memasuki tahun ketujuh ini digelar dari 27 April-25 Mei 2013. Malam berikutnya, gelaran Layar Tanjleb akan menyambangi warga Desa Pengalusan, Kecamatan Mrebet, Purbalingga, Jumat, 17 Mei 2013.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia