SlideShow

oke
0

Semakin Menarik dengan Diputarnya Film Pendek Banyumasan



Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Karangnangka, Kedungbanteng, Banyumas

Gerimis yang mengguyur Desa Karangnangka dan sekitarnya sejak sore hari sempat membuat panitia lokal dan pengelola Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 khawatir.

Lantaran, pada malam harinya, Rabu, 8 Mei 2013 akan digelar Layar Tanjleb FFP 2013 di lapangan bola Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas.

Beruntung, lepas waktu Maghrib, gerimis mulai reda. Warga mulai dari anak-anak, remaja, pemuda, dan orang tua berduyun-duyun memadati lapangan dan duduk rapi di depan layar.

“Nonton film dengan cara layar tanjleb di lapangan ini sangat menarik. Lebih menarik karena film-film yang diputar antara lain berbahasa ngapak Banyumasan,” ujar Estiningrum (25), salah satu penonton.

Pada gelaran Layar Tanjleb putaran kedelapan itu, disuguhkan lima film pendek dan satu film panjang, antara lain “Meniti Hutan Panyatan” karya pelajar SMA Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Biyung” karya pelajar SMA Negeris 1 Bobotsari Purbalingga, “Lawuh Boled”  karya pelajar SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari Sinematografi Unair Surabaya, serta film lawas Indonesia “Lewat Djam Malam” karya sutradara Usmar Ismail.


Menurut koordinator lokal Yono Kucing, pemutaran Layar Tanjleb ini sekaligus wujud syukuran karena usai pesta demokrasi. “Bersyukur karena habis pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa dengan aman,” ujar pemuda Karangtaruna Desa Karangnangka.

Manager FFP Nanki Nirmanto mengungkapkan, sambutan masyarakat Desa Karangnangka dan sekitarnya sangat luar biasa. “Ini semacam kemenangan bagi kami dan masyarakat. Bersama-sama mengapresiasi film-film lokal dan nasional,” tegasnya.

Festival Film Purbalingga tahun ini digelar mulai 27 April-25 Mei 2013 dengan salah satu program pemutaran Layar Tanjleb di 18 titik desa. Gelaran Layar Tanjleb putaran kesembilan akan menancapkan layar di Desa Kemutug Lor, Kecamatan Baturraden, Banyumas pada Kamis, 9 Mei 2013.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia