SlideShow

oke
0

Berwisata Malam dengan Nonton Film



Layar Tanjleb FFP 2013 Pelataran Duplikat Pendapa Si Panji Banyumas

Lepas waktu Maghrib, beberapa kendaraan bermotor roda dua mulai berseliweran mengitari kain putih yang sudah berdiri tegak. Rata-rata dari mereka anak-anak bersama orang tuanya. Lalu kendaraan diparkir dan mereka duduk-duduk di teras pendapa menanti film diputar.

Program Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 putaran ketujuh menyambangi warga Kecamatan Banyumas. Layar putih dibentangkan di pelataran Duplikat Pendapa Si Panji Banyumas, Selasa, 7 Mei 2013.

Pada jam film mulai diputar, warga masih terus berduyun-duyun. Rata-rata dari mereka mengendarai sepeda motor roda dua yang diparkir di depan pintu gerbang pendapa. Kebanyakan dari mereka adalah pasangan muda-mudi yang menonton di atas sepeda motornya.

Kepala Bidang Kebudayaan Dinas Pemuda, Olahraga, Pariwisata, dan Kebudayaan (Kabid Dinporparbud) Kabupaten Banyumas Amrin Ma’ruf mengatakan Banyumas merasa iri kepada Purbalingga. “Tidak hanya karena film-filmnya yang sering menangan di festival, tapi Purbalingga juga mempunyai festival film,” tuturnya.

Amrin menambahkan, meski demikian, anak-anak muda Banyumas harus tetap bersemangat. “Kita itu bertetangga dengan Purbalingga, jadi kita bisa belajar dari Purbalingga,” ungkapnya.


Malam itu, lima film pendek dan panjang diputar, yaitu “Be(g)jo” dari SMA Negeri 1 Sokaraja Banyumas, “Lawuh Boled”  dari SMK Negeri 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari Bandung, “Palak” dari Surabaya, serta film klasik Indonesia “Lewat Djam Malam” karya Usmar Ismail.

Salah satu penonton Narti (35) mengungkapkan kegembiraannya ada tontonan film di lingkungan tinggalnya. “Sekalian berwisata malam. Sayang tidak di alun-alun (Banyumas). Pasti akan lebih ramai,” ujarnya.

Direktur FFP Bowo Leksono menuturkan, rencana awal layar akan ditancapkan di alun-alun Banyumas. “Namun izinnya harus sampai ke bupati segala. Lumayan ribet dan butuh waktu. Mungkin lain waktu,” katanya.

FFP yang digelar dari 27 April-25 Mei 2013 memutar program Layar Tanjleb di 18 titik desa. Untuk gelaran Layar Tanjleb putaran kedelapan, pengelola FFP akan menjumpai warga Desa Karangnangka, Kecamatan Kedungbanteng, Banyumas Rabu, 8 Mei 2013.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia