SlideShow

oke
0

Film untuk Panutan Anak


 

Layar Tanjleb FFP 2013 Desa Slarang, Kesugihan, Cilacap

Ada yang tak biasa di salah satu sudut Gang Lawet pada Sabtu malam, 4 Mei 2013. Gang yang terletak di Desa Slarang, Kecamatan Kesugihan, Kabupaten Cilacap itu terpasang kain putih yang digunakan sebagai screen. Beberapa pemuda juga terlihat menata LCD proyektor dan soundsystem.

Selepas waktu Isya, warga mulai berdatangan ke lokasi Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2013 itu. Anak-anak yang sebagian ditemani orang tuanya duduk rapi di depan layar beralaskan terpal yang sudah disiapkan. Sekitar pukul setengah delapan, dua pembawa acara berparas manis pun memulai acara.

Seorang tokoh masyarakat Desa Slarang Mu’alim mengatakan jika Layar Tanjleb ini mempunyai banyak manfaat. “Semoga kegiatan ini barokah bagi masyarakat tak terkecuali para pedagang. Karena dengan adanya Layar Tanjleb ini pedagang dapat meraup keuntungan lebih dari hari biasa,” ujarnya saat sambutan.

Lebih jauh, Mu’alim yang akrab disapa Kyai Mu’alim, berharap film-film yang disuguhkan bisa menjadi panutan untuk anak-anak kita yang sedang dalam proses pendewasaan.


Sementara itu, salah satu pemuda Desa Slarang, Irvan Arianto menuturkan, jika gelaran Layar Tanjleb ini bisa menjadi bukti kemajuan perfilman di Banyumas Raya. “Di jaman sekarang dengan televisi yang didominasi sinetron yang kurang mendidik, semoga para pemuda di Banyumas Raya mampu terus membuat film yang jauh lebih mendidik dibanding sinetron,” ujarnya.

Lima film diputar menghibur masyarakat Desa Slarang, yaitu “Gang Selingkuh” dari SMA Negeri Kutasari Purbalingga, “Lawuh Boled” dari SMK N 1 Rembang Purbalingga, “Penghulu” dari F2PB Bandung, “Palak” dari UNAIR Surabaya, dan sebuah film klasik karya Usmar Ismail “Lewat Djam Malam”.

Manager FFP Nanki Nirmanto mengatakan salah satu target gelaran Layar Tanjleb adalah mengajak masyarakat menonton sebuah hiburan alternatif yang mendidik. “Kemenangan kita adalah ketika masyarakat bisa meninggalkan televisi walaupun hanya semalam,” tegasnya.

Giliran selanjutnya, Layar Tanjleb FFP yang rencananya digelar di Desa Sokawera, Kecamatan Padamara, Purbalingga pada Minggu, 5 Mei 2013 karena bertepatan Ujian Nasional Sekolah Dasar, maka diundur Jumat, 10 Mei 2013. Terdekat, Layar Tanjleb hendak digelar di pelataran Duplikat Pendapa Si Panji Banyumas pada Selasa, 7 Mei 2013.


kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia