SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2014 Desa Giritirta, Pejawaran, Banjarnegara



 Lepas waktu maghrib, berbekal sarung, jaket, dan pakaian penghangat lain, puluhan warga desa berbondong-bondong menuju lapangan desa. Kabut telah turun sejak sore, hawa dingin terus menusuk tubuh.

Senin malam, 5 Mei 3014, armada Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2014 mendatangi Desa Giritirta, Kecamatan Pejawaran, Kabupaten Banjarnegara. Para laskar layar tanjleb, sudah sejak sore, menancapkan kain putih di lapangan desa dan kebutuhan teknis lainnya.

Kepala Desa Giritirta Mister Muhammad Yusuf saat sambutan di depan warga desa mengatakan, sebagian film-film yang diputar dibuat oleh anak-anak muda Banyumas. “Harapannya, dengan adanya nonton bareng di lapangan ini, kita orang desa juga bisa membuat film tentang Giritirta. Desa kita itu punya banyak potensi, baik potensi alam maupun warganya, yang tak kalah menarik bila difilmkan,” ujarnya.

Anak-anak dan juga orang tuanya, tampak bahagia, terlebih diantara pemutaran film itu ada pembagian doorprize sebagai penarik. Semakin malam, suasana dingin semakin terasa, dan warga makin hanyut dalam cerita-cerita film yang disuguhkan.

Di Desa Giritirta, program layar tanjleb FFP memasuki desa kedua dari rencana 18 titik desa, diputar film-film pendek dan panjang, berjudul “Tuyul” dari SMP 4 Karangmoncol Purbalingga, “Bakul Dawet” dari MTs Ma’arif Mandiraja Banjarnegara, “Penderes dan Pengidep” dari SMA Kutasari Purbalingga.

Sementara film dari luar Banyumas Raya, “Boncengan” dan “Gazebo” sutradara Senoaji Yunus produksi Sanggar Cantrik Yogyakarta serta film layar lebar “Sang Penari” sutradara Ifa Isfansyah produksi Salto Films Jakarta.
 
Menurut Manajer FFP Nanki Nirmanto, program Layar Tanjleb FFP yang digagas Cinema Lovers Community (CLC) senang dapat lokasi pemutaran hingga desa yang paling terpelosok. “Artinya, film-film yang kami programkan untuk diputar mampu diakses warga desa yang berada jauh dari kota,” tuturnya.

Layar Tanjleb FFP 2014 masih terus berkeliling ke desa-desa lain di wilayah Banyumas Raya (Kabupaten Purbalingga, Banjarnegara, Cilacap, dan Banyumas). Selanjutnya, pada Selasa malam, 6 Mei 2014, akan mendatangi Desa Bojanegara, Kecamatan Sigaluh, Banjarnegara.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia