SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2014 Desa Majapura, Bobotsari, Purbalingga



Beberapa pemuda meletakkan bambu-bambu dengan cara melintang pada dua arah jalan di depan balai desa. Tujuannya menutup akses kendaraan bermotor yang hendak lewat karena malam itu akan ada pentas seni dalam rangka peresmian karangtaruna tingkat desa.

Program Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2014 hadir sekaligus turut menyemarakkan Peresmian Lumbung Inspirasi Karangtaruna Wirabumi Desa Majapura, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga.

Sejak sore, layar putih didirikan melintang jalan di depan balai desa. Jelang malam, warga desa datang dan memadati jalan di depan layar. Sebelum peresmian dilakukan, beragam pentas seni dari anak-anak Desa Majapura seperti musik calung dan tari lengger serta rebana pun ditampilkan. Sebelumnya dari pagi, pemuda desa sudah menggelar donor darah dan musik akustik.
 
Ketua Karangtaruna Wirabumi Desa Majapura Suirwan mengakui, tidak mudah menggerakkan dan mengorganisir pemuda di zaman sekarang. “Tidak hanya karna anak muda pada hijrah ke kota, namun anak-anak sekarang tampaknya asik dengan dunianya sendiri,” ujarnya.

Peresmian Lumbung Inspirasi milik Karangtaruna Wirabumi Desa Majapura yang sedianya diresmikan Bupati Purbalingga, karena kesibukan diwakilkan Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Dinbudparpora).

Menurut Kepala Dinbudparpora Achmad Khotib, pemuda akan jejeg (tegak) bila orang tua juga jejeg. “Artinya antara pemuda dan orang tua harus kompak, tidak boleh jalan sendiri-sendiri dan orang tua harus memberi contoh baik kepada anak-anak muda,” tutur Kiai yang juga warga Desa Majapura ini.

Pada kesempatan itu, materi putar layar tanjleb FFP dari Cinema Lovers Community (CLC) Purbalingga memutar film-film pelajar Banyumas Raya yaitu, “Segelas Teh Pahit” karya pelajar SMA Rembang Purbalingga, “Tuyul” karya pelajar SMP 4 Karangmoncol Purbalingga, dan “Penderes dan Pengidep” karya pelajar SMA Kutasari Purbalingga.

Sementara film lain adalah “Boncengan” dan “Gazebo” karya Senoaji Julius dari Sanggar Cantrik Yogyakarta dan film layar lebar “Sang Penari” sutradara Ifa Isfansyah produksi Salto Films Jakarta.

Majapura merupakan desa ke-11 gelaran layar tanjleb dari 18 titik setelah berkeliling ke Kabupaten Banjarnegara, Cilacap, dan Banyumas. Titik desa selanjutnya adalah Desa Sangkanayu, Kecamatan Mrebet, Purbalingga pada Minggu, 18 Mei 2014.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia