SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2014 Desa Karangklesem, Kutasari, Purbalingga



Di sebuah dusun, rumah-rumah warga tampak padat. Layar putih yang terpasang di tiang besi hanya pas-pasan saja menutup jalan dusun itu. Sebelum jalan benar-benar ditutup aksesnya, kendaraan bermotor masih bisa lewat di bawah layar yang tertancap.

Sore itu, Jumat, 23 Mei 2014, rombongan armada Laskar Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2014 mendatangi Dusun Karangpucung, Desa Karangklesem, Kecamatan Kutasari, Purbalingga. Warga sudah menunggu sejak siang, anak-anak pun senang sembari berlarian mengejar armada.

Salah seorang warga, Tarjudin, tergopoh-goboh keluar dari rumah bersemangat membantu mendirikan layar. “Di dusun ini ya tidak pernah ada hiburan malam. Paling ndangdutan, itu saja saat ada hajatan,” ujar lelaki sembari bertelanjang dada ini.

Remaja apalagi anak-anak zaman sekarang, sama sekali tidak tahu seperti apa tontonan layar tanjleb. Tontonan yang juga dikenal dengan istilah Misbar (gerimis bubar) ini merebak diera 1980-an.

Menurut pegiat layar tanjleb FFP Canggih Setyawan, layar tanjleb di zaman sekarang, dengan merebaknya teknologi digital, sudah lebih ringkas. “Hal ini memudahkan kami mengkampanyekan film-film pendek lokal kepada masyarakat penontonnya,” tutur mahasiswa Jurusan Sosiologi Unsoed ini.

Sebagian besar materi film dari program layar tanjleb sama di setiap titik desa. Beberapa film saja yang berbeda yang diambilkan dari materi kompetisi pelajar Banyumas Raya FFP 2014. Di Karangklesem, diputar film “Segelas Teh Pahit” karya siswa SMA Rembang Purbalingga, “Cincin” karya siswa SMP 5 Purwokerto, dan “Penderes dan Pengidep” karya siswa SMA Kutasari Purbalingga.

Sementara film luar Banyumas Raya, ada “Boncengan” dan “Gazebo” yang juga disutradarai Seno Aji Julius dan diproduksi Sanggar Cantrik Yogyakarta serta film bioskop “Sang Penari” karya sutradara Ifa Isfansyah produksi Salto Films Jakarta.

Karangklesem merupakan titik desa yang ke-16 dari 18 titik desa se-Banyumas Raya. Selanjutnya, rombongan layar tanjleb FFP 2014 hendak mendatangi Lapangan Mekarjaya Desa Bobotsari, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga pada Sabtu malam, 24 Mei 2014.


kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia