SlideShow

oke
0

FFP Mendekat pada Anak



Ratusan anak-anak sekolah dasar berbaris memanjang di parkiran Hotel Kencana Purbalingga, Kamis, 24 Mei 2012. Mereka tidak sedang menunggu antrian pembagian buku paket dari Pemerintah, namun mengantri untuk mengisi buku tamu sebagai penonton film di Festival Film Purbalingga (FFP) 2012.

Pemutaran film yang digelar pagi hari pukul 10.00 WIB ini melibatkan SD Purbalingga Lor 2 dan SD Wirasana 2. Kedua sekolah tersebut letaknya tidak jauh dari tempat diselenggarakannya FFP. Dari lima sekolah dasar terdekat yang diundang, sementara yang merespon baru dua sekolah.

Muhammad Abdul Joni, siswa kelas VI SD Purbalingga Lor 2 merasa senang bisa belajar di luar kelas dengan cara menonton film. “Senang, apalagi film-film yang diputar tentang dunia anak-anak dan mudah dicerna oleh saya dan teman-teman” ujarnya.

Sementara menurut Manager FFP Nanki Nirmanto, memasukkan program pemutaran Film Anak di FFP tahun ini karena di tahun lalu ada usulan dari masyarakat usai menonton. “Orang-orang bilang sayang, bila film-film yang diputar di FFP tidak ditonton oleh anak-anak, karena itu tahun ini kami membuat program film anak dan kami mengundang sekolah dasar terdekat,” ungkap mahasiswa Politik Unsoed ini.

Penonton anak-anak juga banyak ditemukan saat program Layar Tanjleb FFP di gelar di 17 desa di wilayah Banyumas Raya. Ke depan, penyelenggara berencana memperbanyak film-film pendek yang berpihak pada anak-anak untuk dipertontonkan.

Hari kedua pelaksanaan FFP di dalam gedung ini menggelar empat program pemutaran. Selain program Film Anak, juga program Kado buat Kota Tercinta yang memutar film “Bupati (Tak Pernah) Ingkar Janji”, program Kompetisi Dokumenter, dan program Kompetisi Fiksi SMP.

Seperti yang sudah diperkirakan, pemutaran program Kado buat Kota Tercinta akan mengalami kendala, meski pada akhirnya bisa diatasi oleh penyelenggara. “Kami sempat mendapat tekanan, tapi atas nama kreatifitas dan anak muda, kami berani mempertanggungjawabkan apa yang kami lakukan,” tutur Nanki Nirmanto.

Masyarakat Purbalingga masih ada kesempatan sehari untuk menyaksikan film-film yang diproduksi pelajar Banyumas Raya karena di hari berikutnya, FFP akan menggelar pemutaran program Pemutaran SMA-2 pada pukul 14.00 WIB, program Kompetisi Dokumenter pada 16.00 WIB, dan program Kompetisi SMA-1. 

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia