SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2012 SMP Negeri 3 Gumelar, Banyumas


Pelajar SMP Negeri 3 Gumelar antusias menyambut gelaran Layar Tanjleb FFP 2012.
 “Film ini kok seperti nyata ya? Aktor-aktor yang main seperti sedang tidak akting. Padahal yang main orang-orang desa,” demikian komentar Puri Dewi Nusmawati menanggapi film dokumenter Negeri di Bawah Kabut karya sutradara Shalahuddin Siregar.

Meski sudah belajar membuat film pendek, Puri dan teman-temannya masih belum paham membedakan apa itu film fiksi dan dokumenter. Malam itu, Sabtu, 5 Mei 2012, beberapa film dokumenter yang masuk ke materi putar di gelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2012 di pelataran SMP Negeri 3 Gumelar Banyumas merupakan pembelajaran yang baik bagi para siswa sekaligus warga sekitar.

Roadshow Layar Tanjleb empat kabupaten di Banyumas Raya yang memasuki titik ke-6 ini sengaja ditempatkan di sekolah untuk semakin membangkitkan apresiasi dan kreatifitas siswa SMP Negeri 3 Gumelar.
Warga sekitar pun turut mengapresiasi gelaran Layar Tanjleb.
 Terdapat empat karya fiksi pendek sekolah tersebut yang malam itu diputar. Film-film yang juga dikirim ke Program Kompetisi Fiksi FFP 2012, yaitu berjudul Duite Ninine, Friend or Enemy, Indahnya Persahabatan, dan Musuh Jadi Sahabat.

Meski film-film yang diproduksi siswa masih banyak kekurangan di sana-sini, setidaknya ini awal yang baik bagi sekolah menengah pertama yang berada di daerah pinggiran Banyumas. Dengan berani mengikutkan ke festival film, para siswa dan guru akan berkesempatan mendapatkan masukan dan kritik terhadap karya mereka.

Adi Susanto, S.Pd., guru TIK sekaligus pembimbing siswa dalam belajar memproduksi film mengatakan rasa bangganya dengan adanya Layar Tanjleb di Gumelar karena memberi kesempatan karya film siswa diapresiasi siswa lain dan warga sekitar.

“Pembelajaran media film di sekolah kami baru berjalan setahun ini, tampaknya sekolah juga merespon baik. Rencananya tahun pelajaran baru nanti film akan menjadi kegiatan ekstrakulikuler di sekolah,” ujar Adi yang juga mengajari siswa bermain musik dan bermacam kegiatan positif lainnya.

Gelaran Layar Tanjleb FFP 2012 di pelataran SMP Negeri 3 Gumelar menjadi titik terakhir di Kabupaten Banyumas. Selang sehari istirahat, rombongan Festival Film Purbalingga rencana bergeser ke Kabupaten Cilacap. Diawali di Desa Kroya, Kecamatan Kroya pada Senin malam, 7 Mei 2012.
Pelajar yang beraksi menjadi presenter.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia