SlideShow

oke
0

Layar Tanjleb FFP 2012 Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga


Menyimak film-film yang diputar.
“Sebenarnya saya masih ingin terus menari, tapi kesempatan itu sudah tidak ada,” tutur Fitri Listiana, pelajar SMK Negeri 1 Rembang, Purbalingga yang malam itu, Minggu, 13 Mei 2012, turut pentas menyemarakkan gelaran Layar Tanjleb Festival Film Purbalingga (FFP) 2012 di Desa Rajawana, Kecamatan Karangmoncol, Purbalingga.

Program Layar Tanjleb FFP ke 18 titik desa di wilayah Banyumas Raya tahun ini ternyata tidak hanya memberi kesempatan film-film pendek karya anak muda Banyumas Raya dan Indonesia pada umumnya diapresiasi masyarakat desa, namun juga beragam kesenian dan kreativitas anak muda desa kembali tergali dan terapresiasi.

Fitri, malam itu membawakan tari lenggeran di depan layar yang tertancap serta disaksikan ratusan pasang mata. Sudah lama, ia tak aktif di grup kesenian di desanya, Penusupan, Kecamatan Rembang. Untuk bisa tetap menari, siswi kelas XI ini aktif mengikuti ekstrakurikuler menari di sekolahnya.
Ada ronggeng di Layar Tanjleb.
 Layar Tanjleb titik ke-12 ini digelar di pertigaan jalan desa. Praktis, warga tumpah di sepanjang jalan. Bahkan di tiga perempat pemutaran sempat gerimis, namun tak memancing warga beranjak dari tempatnya.

Salah satu panitia lokal Ririn Ratnaningsih, S.Pd. menuturkan, sempat kesulitan memberi penjelasan kepada pemuda Desa Rajawana untuk apa menawarkan diri sebagai salah satu titik desa Layar Tanjleb. “Setelah dengan sabar memberi penjelasan, bahwa ini tidak sekedar member hiburan dan edukasi pada masyarakat tapi juga bentuk kemandirian pemuda, barulah bisa diterima dengan baik,” ungkap guru di SMK Negeri 1 Rembang ini.

Malam itu, film lokal berdialek Banyumasan berjudul “Harapan di Pucuk Manggar” sutradara Misyatun mendapat apresiasi menggembirakan dari warga. Warga, terutama dari kalangan ibu-ibu bahkan turut mengomentari dan merespon adegan yang ada di film itu. Film berdurasi 15 menit ini berkisah anak seorang ‘penderes’ (buruh tani nira), yang memaksa bapaknya untuk membelikan sepeda motor. Perjuangan bapak ternyata tidak diimbangi dengan balasan dari si anak.

Menuju titik desa ke-13, gelaran Layar Tanjleb FFP 2012 akan mampir di Grumbul Mindik, Desa Gandasuli, Kecamatan Bobotsari, Purbalingga pada Senin malam, 14 Mei 2012.
Warga berkumpul di pertigaan jalan desa.

kontak

  • Facebook : festivalfilm purbalingga
  • Twitter : @festfilmpbg
  • Email : purbalinggafilmfest@gmail.com
  • Website : festivalfilmpurbalingga.blogspot.com
  • Phone: +6285227872252 (Nanki Nirmanto) / +6285726331267 (Asep Triyatno)
  • Alamat : Jl. Puring No. 7 Purbalingga, Jawa Tengah, Indonesia